Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 27 April 2021 Merasakan Ibadah Dalam Nuansa Masa Lalu Di Masjid Margoyuwono
berita

Wisatawan yang berkunjung ke Kota Yogyakarta, dan ingin merasakan beribadah dalam nuansa budaya masa lalu nan megah dapat berkunjung ke cagar budaya Masjid Margoyuwono yang terletak di Jalan Langenastran Lor. Bangunan cagar budaya yang menjadi kebanggaan warga Langenastran itu dibangun sedemikian rupa megah sejak tahun 1943 sebelum kemerdekaan NKRI.

Masjid Margoyuwono memiliki arsitektur yang unik dengan atap tumpang, tidak menggunakan kubah seperti masjid pada umumnya. Sentuhan desain Keraton Yogyakarta terlihat dari warna cat hijau dan kuning serta penggunaan lantai ubin berwarna kuning dan corak kembang. Ruang ibadah utama berbentuk bujur sangkar dan tertutup, dihiasi dengan jendela melengkung dan pintu kayu. Pelataran terbuka di samping cukup luas dan nyaman digunakan untuk beristirahat bagi wisatawan sebelum melaksanakan ibadah.

Bagi warga kampung Langenastran, menghidupkan masjid yang berada di area tempat tinggalnya dengan kegiatan ibadah khususnya di Bulan Ramadhan sudah menjadi tradisi. Bulan Ramadhan  tahun 2021 ini Masjid Margoyuwono memperketat pelaksanaan sholat tarawih dengan melaksanakan protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan sebelum masuk masjid, membawa peralatan sholat dan al quran pribadi serta menjaga jarak shaf shalat berjamaah dengan jarak minimal 1 meter.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat68.12%
Cukup Bermanfaat11.91%
Kurang Bermanfaat3.34%
Tidak Bermanfaat5.95%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 118 Kemarin 703 Bulan Ini 3277 Tahun Ini 75848 Total Pengunjung 517619