Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 06 April 2021 Mengulas Kota Jogja Sebagai Kota Akulturasi Kuliner
berita

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Priwisata menyelenggarakan Forum Grup Discusssion (FGD) dengan tema “Kuliner Jogja Menyapa Zaman” bersama Kapurel (Keluarga Public Relations) pada hari Selasa, 6 April 2021 di hotel Phoenix Yogyakarta.

Forum Group Discussion ini dihadairi oleh Bapak Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Bapak Wahyu Hendratmoko serta 50 tamu para pelaku usaha kuliner yang ada di Kota Yogyakarta.

Wakil Walikota Yogyakarta mengatakan bahwa semua masyarakat dan para pelaku usaha diharapkan dapat bekerjasama dalam mengembangkan dan memperkenalkan kuliner asli Jogja kepada dunia luar.“Kita harus mempunyai cara pandang yang sama agar kuliner Jogja dapat maju kedepannya dan dikenal masyarakat luas” harap Heroe Purwadi.

Rangkaian Forum Group Discussion kedua ini bermaksud memperkenalkan dan mempromosikan kuliner khas Kota Jogja kepada masyarakat luas, sehingga mereka dapat mengetahui lebih banyak seputar kuliner khas Jogja yang beraneka ragam.

“Kita akan memperkenalkan kuliner Kota Jogja yang sangat beraneka ragam, bukan hanya bakpia, yangko, atau geplak saja yang sudah terkenal. Selain itu, Jogja juga mempunyai banyak kuliner khas seperti brongkos ayam yang dikenal sebagai makanan bangsawan, ada kuliner akulturasi budaya Belanda seperti kroket, dan lain-lain” terang Bapak Minta Harsana  Dosen tata boga UNY.

Kuliner khas Jogja merupakan bagian kuliner Indonesia yang sangat kaya akan rempah, budaya dan sejarahnya yang membuatnya semakin istimewa.

“Karena kuliner Indonesia itu mempunyai ciri khasnya sendiri, mereka terbentuk dari akulturasi budaya, sejarah yang panjang, rempah-rempah yang melimpah, dan ritual-ritual yang terintegrasi dengan kuliner tersebut” lanjutnya.

Strategi mempromosikan kuliner khas Kota Jogja beserta filosofinya ini harus mencakup seluruh lapisan masyarakat dan generasi. Kuliner Kota Jogja yang tak lekang oleh zaman di branding dan dikenalkan kepada masyarakat dengan menciptakan image bahwa Jogja adalah kota kuliner yang khas.

“Cara mempromosikan kuliner khas Jogja adalah dengan cara menggali lebih dalam macam-macam kuliner beserta filosofinya dan memperkenalkannya kepada seluruh masyarakat” papar Ibu Eunike Martanti selaku konsultan Public Relations.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat68.2%
Cukup Bermanfaat11.94%
Kurang Bermanfaat3.35%
Tidak Bermanfaat5.97%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 494 Kemarin 502 Bulan Ini 12244 Tahun Ini 65735 Total Pengunjung 507506