Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 14 March 2021 Ziarah Sembari Belajar Sejarah TMP Kusumanegara
berita

Kompleks Pemakaman Wijaya Brata atau yang biasa disebut Taman Makam Pahlawan Kusumanegara merupakan Taman Makam Pahlawan yang terletak di Kota Jogja. Di Taman Makam Pahlawan ini disemayamkan para pahlawan yang berjasa besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Jendral Besar Sudirman, Letjend Oerip Soemohardjo, Brigjend Katamso Darmokusumo, Supeno, Irjen F.X. Sumardi, dan Majend Soegiarto, adalah beberapa nama pahlawan yang disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara. Di depan makam Jendral Besar Sudirman dan Letjend Oerip Soemohardjo dibangun sebuah monumen untuk mengenang jasa kedua pahlawan tersebut.

Taman Makam Pahlawan Kusumanegara buka mulai pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WIB. Banyak acara kenegaraan yang diadakan di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara. Acara Kenegaraan seperti tabur bunga, upacara bendera, ziarah Jendral TNI, dan masih banyak lagi. Selain berziarah, pengunjung juga bisa sedikit belajar sejarah perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Taman Makam Pahlawan Kusumanegara letaknya juga tidak jauh dari Kampung Wisata Tahunan yang terkenal dengan kerajinan Batik Jumputan, Sibori, dan Ecoprint. Kampung Wisata Tahunan merupakan salah satu kampung wisata yang berkembang karena memiliki potensi di bidang seni-budaya.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat68.2%
Cukup Bermanfaat11.94%
Kurang Bermanfaat3.35%
Tidak Bermanfaat5.97%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 546 Kemarin 502 Bulan Ini 12296 Tahun Ini 65787 Total Pengunjung 507558