Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 07 February 2021 Rumah Sakit Mata Dr. YAP Sejarah Dan Jejak Perjuangan
berita

R.S. Mata Dr. Yap yang berada di Jl Cik Di Tiro No.5 ini merupakan prakarsa dari Dr. Yap Hong Tjoen. Yap Hong Tjoen merupakan seorang dokter Tionghoa yang menempuh pendidikannya di Belanda. Setibanya di tanah air, dokter Yap mengabdikan dirinya dalam bidang kesehatan, khususnya pengobatan dan perawatan penyakit mata. 

Awal mula dokter Yap Hong Tjoen mendirikan Poliklinik Mata di Gondolayu. Sekarang bangunan poliklinik ini menjadi Kantor Pos Gondolayu. Selanjutnya melihat situasi dan kondisi bangunan tidak memadai, maka Dr. Yap Hong Tjoen mendirikan Rumah Sakit. Pendirian RS ini dibantu oleh organisasi  bernama Centrale Vereeniging tot Bevordering der Oogheelkunde in Nederlandsch Indie (CVO) dalam Bahasa Indonesia berarti Asosiasi Pusat Promosi Optalmologi Hindia Belanda dan pihak-pihak lainnya. 

Rumah sakit ini didirikan pada tahun 1922, tepatnya pada tanggal 12 November 1922 dan diresmikan pada tanggal 29 Mei 1923 dengan nama Prinses Juliana Gasthuis Voor Ooglijders yang apabila diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah Rumah Sakit Putri Juliana Untuk Penderita Penyakit Mata. Pada masa penjajahan Jepang, pada tahun 1942 nama Rumah Sakit berganti menjadi RS. Mata Dr. YAP sampai dengan saat ini.

Rumah Sakit Mata Dr. YAP ini merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang berada di kawasan Kotabaru. Sampai saat ini, fungsi dari bangunan tidak berubah. Hal menarik dari R.S. adalah, di dalam R.S. Dr. YAP terdapat museum Dr. YAP Prawirohusodo. 

Untuk kalian yang ingin tahu lebih banyak tentang Rumah Sakit Mata Dr. YAP bisa langsung cek ke akun Instagram @museumdr.yap



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat68.2%
Cukup Bermanfaat11.94%
Kurang Bermanfaat3.35%
Tidak Bermanfaat5.97%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 532 Kemarin 502 Bulan Ini 12282 Tahun Ini 65773 Total Pengunjung 507544