Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 29 January 2021 Warsimah Pasaran Romansa Pasar Tempo Doeloe
berita

Kegiatan jual beli masyarakat di Jawa didasarkan pada sistem penanggalan Jawa atau pasaran sehingga tempatnya disebut pasar. Pasar Pasaran barang yang dijual didominasi produk-produk tradisional mulai dari makanan sampai peralatan rumah tangga dan bekerja di ladang. Pasar pasaran saat ini sudah sulit dijumpai di kota-kota besar karena sudah berubah menjadi pasar tradisional yang beroperasi setiap hari.

Pasar Rakyat Warsimah Pasaran kembali digelar untuk yang ketiga kalinya dengan tema Manjing Katresnan Marang Warsimah Pasaran oleh warga masyarakat Kalurahan Gunung Ketur Kemantren Pakualaman Kota Yogyakarta pada tanggal 13-14 Februari 2021 pukul 15.00-20.00 di Omah Kreatif Loedji’ 16.

Warsimah Pasaran pertama kali digelar pada Oktober 2020 sebagai program recovery economy Omah Kreatif Loedji’ 16 bagi para pelaku usaha mikro bidang kuliner yang ada di wilayah Kalurahan Gunung Ketur. Wasimah Pasaran menampilkan nuansa pasar pasaran tempo dulu melalui cara jual beli yang menggunakan nilai tukar mata uang kethip dan kuliner yang disajikan berupa jajanan tradisional. 

Pengunjung Warsimah Pasaran bisa mengobati rasa rindunya akan jajanan tempo dulu semacam Djenang Golong Gilig, Sego Jagung Gereh Pethek, Sate Laler, Sego Pecel Kertosono, Bir Plethok, Sirup Secang, Clorot, Apem, Arum Manis Jadoel, Gempol Pleret, Salad Solo yang dikemas secara tradisional dan harga terjangkau. 
Warsimah Pasaran juga menyuguhkan talk show dan live musik untuk lebih memanjakan pengunjung. Dilaksanakan di masa pandemi, pengunjung diharapkan tetap menjalankan protokol kesehatan 5 M dengan ketat.

Temukan nuansa tempo doeloe dan obati kerinduan akan kuliner jadoel di Pasar Rakyat Warsimah Pasaran.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat68.12%
Cukup Bermanfaat11.91%
Kurang Bermanfaat3.34%
Tidak Bermanfaat5.95%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 81 Kemarin 703 Bulan Ini 3240 Tahun Ini 75811 Total Pengunjung 517582