Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Pemerintah Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 07 December 2020 Travel Dialog dan Table Top di Kota Semarang
berita

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus menggenjot sektor pariwisata di Kota Yogya, hal tersebut di buktikan oleh Dinas Pariwisata kota Yogya dengan menggelar travel dialog/table top di Semarang Jawa Tengah.

Kota ini dipilih lantaran selama ini jumlah wisatawan asal kota tersebut yang berkunjung ke Kota Yogya terbilang cukup banyak. “Melalui kegiatan ‘travel dialog’ dan ‘table top’ di luar daerah ini, kami ingin mengenalkan sekaligus mempromosikan berbagai objek wisata unggulan dan wisata baru di Kota Yogyakarta,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Drs. Maryustion Tonang, MM

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Pariwisata berupaya mempertemukan pengusaha pariwisata dari Kota Yogyakarta dengan pelaku usaha pariwisata di Semarang sehingga terjadi transaksi untuk membawa wisatawan berkunjung ke Kota Yogyakarta.

Ia mengungkapkan jika jumlah kunjungan wisata diperkirakan sampai dengan akhir tahun 2020 sebesar 1.100.000 wisatawan, dari yang ditargetkan sebesar 4.000.000 wisatawan atau berkurang sebesar 72,5% dari yang direncanakan.

"Kondisi tersebut ditambah dengan belum pulihnya aktifitas pendidikan, khususnya di perguruan tinggi, sehingga aktifitas kurang lebih 250.000 pelajar di Kota Yogyakarta juga berkurang,".

Kegiatan travel dialog ini disambut baik oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi yang juga hadir dalam acara tersebut.

Pada kesempatan tersebut Wawali juga membeberkan untuk membangkitkan geliat  pariwisata dan ekonomi warga di Kota Yogya, Pemkot Yogya telah membuat jalur wisata sepeda.

"Kami memanfaatkan moment tren bersepeda di Kota Yogyakarta yang sedang naik daun, jika para pesepeda itu dapat diarahkan untuk melintasi kampung-kampung, maka juga dapat berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat di sana," bebernya.

Ia mengungkapkan banyak potensi perkampungan di Kota Yogya yang belum banyak dikenal masyarakat luas, dengan adanya jalur wisata sepeda ini diharapkan potensi-potensi yang ada wilayah dapat terangkat.

“Dengan terangkatnya potensi tersebut semoga dapat menambah perekonomian warga di sepanjang jalur tersebut dan menurunkan angka kemiskinana di Kota Yogya” jelasnya.

Menurutnya wisata Kota Yogya dengan gowes Kampung tersebut adalah wisata yang santai. "Para pesepeda dapat menikmati keramahan Jogja dari sisi terdalam, yaitu kampung. Karena rute ini adalah rute blusukan kampung untuk menemukan potensi yang asli dari Kota Yogyakarta," ujarnya.

Pihaknya mengaku optimis acara tersebut akan memberikan dampak yang signifikan terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Tourism Information Center
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat68.19%
Cukup Bermanfaat12.08%
Kurang Bermanfaat3.39%
Tidak Bermanfaat6.04%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 441 Kemarin 385 Bulan Ini 12546 Tahun Ini 12546 Total Pengunjung 454317