Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 24 September 2020 Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)
berita

1. Uraian Umum

Bangunan Gereja didirikan pada tahun 1923. Bangunan ini terletak di Jl. I Dewa Nyoman Oka No 22, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Yogyakarta. Bangunan ini sekarang masih digunakan sebagai tempat ibadah umat Kristen Protestan.

2. Sejarah

Bangunan Gereja didirikan pada tahun 1923. Pada awalnya merupakan bangunan Gereformeede Kerk Djogja. Bangunan gereja kemudian difungsikan sebagai tempat dansa dan musik orang – orang Belanda Muziekenten. Pada masa pendudukan Jepang bangunan ini dipakai sebagai rumah tahanan wanita Belanda Internerens Camp Belanda. Pada wal tahun 1940-an banyak orang Batak datang ke Pulau Jawa, termasuk di Yogyakarta. Para pemuda datang ke Yogyakarta pada umumnya melanjutkan pendidikan di AMS Algemene Middelbare School. Pada awalnya orang – orang Batak mengikuti kebaktian di gereja- gereja lain di Yogyakarta ( biasanya di Gereja Margamulyo ). Pada tanggal 7 April 1946, orang Batak di Yogyakarta untuk pertama kalinya mengadakan kebaktian yang dihadiri sekitar 8 keluarga serta beberapa pemuda dan anak – anak di Jl.Pakuningratan No.6 Yogyakarta. Kebaktian ini mengatasnamakan HKBP cabang Yogyakarta walaupun secara yuridis formal HKBP di Yogyakarta belum ada. Pertemuan kotbah tanggal 7 April 1946 inilah yang dijadikan hari lahir gereja HKBP Yogyakarta.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat75%
Cukup Bermanfaat12.17%
Kurang Bermanfaat3.4%
Tidak Bermanfaat9.42%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 3859 Kemarin 3782 Bulan Ini 26828 Tahun Ini 944475 Total Pengunjung 2361503