Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Pemerintah Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 17 January 2020 Liburan ke Jogja? Jangan Lewatkan Tempat - Tempat Asik Ini
berita

Ingin liburan tapi biaya atau waktu terbatas?. Jangan khawatir, liburan tidak harus ke luar kota, apalagi ke luar negeri. Jogja masih punya banyak pesona wisata yang patut untuk dijelajahi.

1. Malioboro

Jalan yang menjadi salah satu ikon Kota Jogja ini memang cukup punya kekuatan magis bagi para wisatawan. Apalagi semenjak direvitalisasi, Malioboro menjadi lebih tertata dan indah. Tidak heran foto wisatawan yang sedang berlibur ke Malioboro kerap bersliweran di media sosial.

2. Suroto

Suroto merupakan nama jalan yang terletak di Kota Baru. Jalan Suroto juga belum lama direnovasi dan direvitalisasi. Sama seperti Malioboro, lantai teraso putih, tanaman, ornamen jalan, bangku, dan cahaya lampu membuat suasana di Jalan Suroto nJogjani banget. Di sekitaran Jalan Suroto juga banyak terdapat warung kopi seperti Silol, Kalluna, Jnawi, Jeeva, Graha Eklin, Waroeng Boelondo, Roemi, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Museum Sandi

Museum yang dibuka untuk umum pada tahun 2008 ini, pada awalnya museum ini bertempat di lantai dasar Museum Perjuangan. Pada tahun 2014 Museum Sandi mulai menempati bagunan sendiri di Jalan Faridan M. Noto. Di Museum ini kita dapat belajar membuat sandi sederhana. Kita juga dapat mengetahui sejarah institusi pengamanan berita rahasia pada masa awal kemerdekaan yang digagas oleh bapak persandian Indonesia, yaitu dr. Roebiono Kertopati.

4. Kraton Jogja

Seperti Malioboro, Kraton adalah salah satu ikon Kota Jogja yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang melancong ke Jogja. Kraton layak dikunjungi berulangkali karena di dalam kompleks Kraton banyak terdapat museum. Namun apabila berkunjung ke Kraton kita harus patuh dan taat terhadap himbauan maupun larangan yang tertera di sana ya. Jangan sampai kejadian swafoto demi konten yang mengakibatkan rusaknya salah satu koleksi Kraton terulang.

5. Galeri Seni

Di Jogja banyak sekali terdapat Galeri Seni. Ada banyak sekali pilihan Galeri seni yang dapat dikunjungi. Bagi kalian yang penikmat seni, berikut kami berikan beberapa referensi galeri seni yang dapat dikunjungi di Jogja.  Salah satunya adalah Langgeng Art Foundation (LAF) yang berada di Jalan Suryodiningratan. Galeri ini merupakan salah satu galeri seni besar di Jogja. Ada juga Jogja Galeri yang terletak di Jalan Pemapalan, tepatnya di sekitaran Alun-Alun Utara. Galeri ini juga patut dikunjungi karena di galeri ini sering sekali diadakan pameran besar.

6. Museum Sonobudoyo

Di museum ini disimpan koleksi lengkap mengenai Budaya dan Sejarah Jawa. Pada malam hari di museum ini diadakan pertunjukan fragmen wayang kulit. Museum ini terbagi menjadi dua unit, unit I di Jalan Pangurakan No.6, Unit II di Ndalem Condrokiranan Wijilan. Museum buka mulai dari pukul 08.00 – 15.30 setiap hari kecuali Jum’at (hingga 14.00). Museum buka kembali pukul 20.00-22.00 untuk pertunjukan wayang kulit. Museum Sonobudoyo juga memiliki Bioskop. Jadwal penayangan dan pemutaran dapat dilihat di akun media sosial museum Sonobudoyo.

7. Taman Budaya Yogyakarta

Taman Budaya Yogyakarta terletak di sebelah selatan Pasar Bringharjo. Bangunan Taman Budaya Yogyakarta dulu merupakan bekas societet di jaman belanda, sehingga tidak heran apabila sekarang dijadikan cagar budaya. Di sini kita dapat menyaksikan pameran dan pertunjukan seni. Jadwal dan rincian dari pertunjukan serta pameran yang diselenggarakan maupun akan diselenggarakan di Taman Budaya Yogyakarta dapat dilihat di akun media social Taman Budaya Yogyakarta.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Taman Pintar Kota Yogyakarta CCTV Malioboro
Polling
Hasil Polling
Sangat Bermanfaat68.27%
Cukup Bermanfaat12.1%
Kurang Bermanfaat3.39%
Tidak Bermanfaat6.05%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 258 Kemarin 495 Bulan Ini 15529 Tahun Ini 140945 Total Pengunjung 407756