Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Pemerintah Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 09 Juli 2019 Kethip, alat pembayaran stand di Festiival Kebudayaan Yogyakarta 2019 Kampung Mataraman
berita

JOGJA WELCOMES YOU - Lokasi utama penyelenggaraan Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2019, Kampung Mataraman terlihat selalu ramai menjelang sore hari. Terdapat puluhan stand yang menawarkan berbagai macam kerajinan dan kuliner sebagai pelengkap festival, Minggu (7/7).

Dan ada hal yang cukup menarik yaitu adanya sistem pembayaran dengan Kethip untuk bertransaksi di pasar kuliner di area FKY 2019 kali ini. Kethip merupakan alat pembayaran atau alat transaksi berbentuk bulat dengan bahan berasal dari tanah liat.

Pengunjung FKY Melisa Sudiyanti mengatakan, sempat bingung pada saat uang nya tidak diterima oleh salah satu stand kuliner pada saat dirinya berbelanja.

“Awalnya kaget tapi saat penjualnya bilang harus tukar dengan kethip, baru saya tahu ternyata disini bayar membayar pake kethip ini,” ujarnya.

Melisa menjelaskan, untuk dapat berbelanja harus menukarkan uang biasa dengan kethip pada loket yang telah disediakan. Besaran hitungan kethip dihitung dengan kelipatan yaitu 5, 10 hingga 20 kethip. Dengan contoh uang nominal Rp.5.000 dapat ditukar dengan lima buah kethip.

“Belanja dengan kethip ini cukup unik sekali, berasa kembali ke jaman dulu saat uang kethip pernah dipakai untuk transaksi perdagangan di Indonesia. Konsepnya unik dan seru, “ jelas wanita asal Bantul itu.

Penggunaan kethip berlaku untuk semua transaksi kuliner dan kerajinan yang berada pada pasar FKY.  Puluhan stan yang ada kali ini juga dibuat sangat sederhana dengan menggunakan bambu sebagai penopang dan anyaman bambu sebagai temboknya.

Terdapat juga beragam agenda kegiatan FKY yang akan berlangsung setiap harinya seperti penampilan kesenian seperti tarian, musik keroncong, wayang orang, tayub, macapat, hadroh dan lainya. Serta tidak ketinggalan sejumlah permainan anak hingga workshop budaya dan pemanfaatan barang bekas.

Selain Kampung Mataraman, kegiatan FKY juga digelar di Telaga Julantoro Sewon Bantul. Kegiatan meliputi Pasar Tiban dengan tema Pruduk Kreatif Upcycle & Recycle dan sejumlah pertunjukan seni yang berbeda-beda setiap harinya.

Telaga Julantoro berada tidak terlalu jauh dari lokasi utama FKY, hanya sekitar 1 Km mengarah tepat kebelakang dari Kampung Mataraman. Dan panitia telah memasang sejumlah tanda arah jalan untuk memudahkan pengunjung yang hendak mengunjungi Telaga Julantoro.

 



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Taman Pintar Kota Yogyakarta CCTV Malioboro
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat71.22%
Cukup Bermanfaat11.38%
Kurang Bermanfaat3.54%
Tidak Bermanfaat6.41%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 137 Kemarin 485 Bulan Ini 10712 Tahun Ini 81299 Total Pengunjung 176001