Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Pemerintah Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 02 Juli 2019 Segera Agendakan! Ada Ini di FKY 2019
berita

JOGJA WELCOMES YOU - Berpusat di Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul, Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) yang pertama kali diadakan ini memiliki sejumlah program yang tersebar di beberapa wilayah di Yogyakarta.

“Ada beberapa titik yang akan dijadikan pelaksanaan FKY 2019,” ujar Kepala Bidang Pelestarian Pengembangan Adat Tradisi Lembaga Budaya dan Seni Disbud DIY, Ibu Eni Lestari Rahayu, saat jumpa media FKY di Pendapa Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY, Selasa (25/6).

Titik pelaksanaan acara yang dimaksud adalah Kampoeng Mataraman sebagai lokasi utama, Telaga Julantoro, Sepanjang Jalan Malioboro, Alun-alun Kidul, Lapangan Patmasuri Krapyak, Pasar Terban, Pendhapa Art Space.

Lalu tersebar di beberapa museum di Jogja; Museum Sonobudoyo, Museum Diponegoro, Museum Dewantara Kirti Griya, dan Museum Gunung api Merapi.

Berikut agenda FKY 2019 :

1. Pawai Pembukaan (4 Juli 2019)
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pawai tahun ini akan dimulai dari dua titik. Titik pertama kontingen akan dilepas dari Kepatihan. Sementara di titik kedua kontingen dilepas dari Alun-alun Pakualaman. Kedua rombongan akan bertemu di Titik Nol Kilometer, depan Gedung Sonobudoyo.

“Sebanyak 33 kontingen pawai akan dipertemukan di kawasan titik 0 kilometer sebagai simbol pembangun kebudayaan,” jelas Gintani Nur Apresia Swastika, Direktur Kreatif FKY 2019 (25/6).

Kontingen ini terdiri dari elemen penting pemajuan kebudayaan, yaitu; komunitas seni dan budaya, sanggar, institusi pendidikan, dan perwakilan desa budaya.

2. Program Wirama-Wiraga-Wirasa
Sesuai dengan namanya, program ini memiliki tiga jenis kegiatan;

Wirama, pameran yang rencananya akan dilaksanakan di Gedung Sonobudoyo (Eks-KONI). Dalam pameran ini akan dipamerkan karya-karya lama seniman. Proses berkarya para seniman tersebut sehingga menghasilkan karya-karya yang ditampilkan akan diungkapkan selama pameran.

Wiraga, pameran instalasi publik berlokasi di Alun-alun Kidul. Wujudnya berupa menghiasi odong-odong yang merupakan wujud budaya populer. Odong-odong akan dihias dengan aksara Jawa sebagai wujud budaya tradisional. Pada hari pertama pameran instalasi ini akan diadakan pertunjukan wayang semalam suntuk.

Wirasa, berbentuk lokakarya yang dilakukan tiga seniman musik untuk membuat komposisi musik bersama siswa didik di Taman Siswa. Dua materi utamanya adalah menggubah komposisi Kinanthi Sandung sesuai dengan latar belakang genre masing-masing dan menggubah komposisi lagu dolanan anak. Acuan metode yang digunakan adalah metode ‘Sari Swara’ dengan sistem ‘Among’.

3. Teater (17 Juli 2019)
Mengambil tempat di Pendopo Art Space, program ini menjadi wadah kolaborasi antara sutradara senior, sutradara muda, dan aktor-aktor muda dari Teater Gadjah Mada.

4. Panggung Kontemporer: Lintasan (19 Juli 2019)
Panggung kontemporer bertujuan untuk merayakan praktik kesenian lintas disiplin yang kerap dilakukan para seniman Yogyakarta. Tema besar yang diusung adalah ‘Elektronika-Gamelan-Visual’.

5. Pesta Rakyat Kampung Terban (13 Juli 2019)
Sesuai namanya, program ini dimaksudkan untuk mempertemukan potensi seni budaya kampung Terban dengan pemikiran tokoh-tokoh budaya yang ada di Terban. Kegiatan program ini berupa bazaar produk UMKM, pementasan ketoprak tuna netra, macapatan, dan musik.

6. Panggih (15 Juli 2019)
Program ini akan dilaksanakan di Museum Diponegoro. Panggih dirancang untuk membangun ruang dialog antara dua elemen budaya dalam tradisi masyarakat Jawa; sandang dan pangan.

7. Pasar Tiban (Tiap Akhir Pekan)
Terdiri dari 20 stan kreatif dan 10 stan kuliner akan meramaikan Telaga Julantoro setiap Jumat hingga Minggu selama FKY 2019 berlangsung.

8. Pasar Seni
Terletak di titik utama, Kampoeng Mataram. Menawarkan 50 stan yang dapat kita sambangi. Menyediakan tempat bermain mainaan tradisional untuk anak-anak. Ada juga workshop, diskusi, dan panggung seni.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Taman Pintar Kota Yogyakarta CCTV Malioboro
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat71.22%
Cukup Bermanfaat11.38%
Kurang Bermanfaat3.54%
Tidak Bermanfaat6.41%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 179 Kemarin 485 Bulan Ini 10754 Tahun Ini 81341 Total Pengunjung 176043