Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Pemerintah Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 07 Mei 2019 Ribuan Hidangan Buka Puasa di Masjid Gede Kauman
berita

JOGJA WELCOMES YOU - Selepas sholat Ashar, puluhan pengurus Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta sudah terlihat sibuk untuk menyiapkan ribuan hidangan berbuka puasa atau takjil untuk dibagikan secara gratis kepada umat muslim yang datang.

Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman Azman Latif mengatakan, untuk bulan suci Ramadan pihaknya selalu menyediakan ribuan takjil bagi masyarakat dengan menu yang berbeda setiap harinya.

“Ini merupakan kegiatan rutin kami setiap masuknya bulan puasa dan rencananya setiap hari kami akan membagikan sekitar 2000 makanan berbuka puasa bagi seluruh warga yang datang,” ujarnya disela-sela menyiapakan hidangan, Senin (6/5)

a menambahkan, biasanya ribuan umat muslim akan memadati Masjid Gedhe Kauman untuk mengikuti acara buka puasa bersam di masjid ini. Terlebih hari ini merupakan hari pertama berbuka puasa di bulan suci Ramadan 1440 Hijriyah dan hari ini kami menyiapakan menu gulai kambing bagi umat.

Selain menu gulai kambing, pihak masjid juga menyediakan menu yang selalu berbeda setiap harinya seperti opor ayam, brongkos, gudeg krecek, sambal goreng krecek, asem-asem ayam dan lainnya.

“Biasanya kami sediakan gulai kambing setiap hari kamis, akan tetapi untuk buka  puasa pertama ini kami spesialkan dengan menu tersebut,” tuturnya.

Penyediaan menu berbuka puasa ini berasal dari gotong royong para warga dan sejumlah donatur yang selalu memberikan infaq kepada pihak masjid.

“Untuk Ramadan tahun ini, kami cukup mendapatkan dana yang dapat dikatakan mencukupi. Hingga hari ini telah terkumpul sekitar 650 juta dari donasi para warga dan donatur tetap masjid Gedhe Kauman ini,” ungkap Azman.

Menurutnya dana yang telah terkumpul nantinya tidak hanya digunnakan untuk pembagian makanan berbuka puasa akan tetapi juga untuk segala keperluan masjid selama bulan Ramadan ini.

“Dari tahun ke tahun selalu ada peningkatan jumlah donatur untuk kegiatan berbuka puasa bersama ini dan itu menjadi tanggung jawab besar kami untuk mengelola agar tepat pada yang memang sudah direncanakan,” tutur nya.

Dari pantauan tim Gudeg.net, ribuan umat mulai berdatangan sekitar pukul 16.00 WIB untuk mengikuti siraman rohani yang dibawakan oleh salah satu sesepuh masjid.

Siraman rohani atau ceramah singkat dilakukan sebagai salah satu cara untuk menunggu waktunya adzan maghrib berbuka puasa.

Jelang waktu berbuka puasa tiba, seluruh umat telah dibagikan hidangan dengan menggunakan piring yang berisikan gulai kambing, kurma dan teh hangat untuk membatalkan puasa. Dan seusai berbuka puasa bersama barulah seluruh umat menunaikan ibadah sholat maghrib.

Sumber : Gudeg.net



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Taman Pintar Kota Yogyakarta CCTV Malioboro
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat71.07%
Cukup Bermanfaat11.43%
Kurang Bermanfaat3.56%
Tidak Bermanfaat6.39%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 372 Kemarin 394 Bulan Ini 13030 Tahun Ini 54256 Total Pengunjung 148958