Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Pemerintah Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 08 April 2019 Teater Gandrik Sentil Korupsi Lewat Pensiunan 2049
berita

JOGJA WELCOMES YOU - Teater Gandrik akan kembali tampil menghibur penikmat teater dengan lakon bertajuk ‘Para Pensiunan 2049’. Pementasan ini akan digelar 8-9 April 2019 di Taman Budaya Yogyakarta dan 25-26 April 2019 di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta.

“Persiapan sudah kami lakukan sejak Agustus tahun lalu,” jelas Djaduk Ferianto, sutradara pementasan ini saat makan siang bersama (5/4).

Persiapan yang dilakukan tidak hanya pemilihan pemeran, tetapi juga adaptasi naskah yang ditulis oleh alamarhum Heru Kesawa Murti. Naskah ini tadinya berjudul ‘Pensiunan’. Adaptasi ini ditulis oleh Agus Noor dan Susilo Nugroho, dan judulnya ditambahkan hingga menjadi ‘Pensiunan 2049’.

“Agar dapat diterima dan dinikmati juga oleh generasi muda,” ujar Djaduk lagi.

Lakon ini bercerita tentang para pensiunan yang ingin menikmati masa tuanya dan menunggu akhir hidupnya dengan tenang. Mereka adalah pensiunan jenderal, politisi, hakim, dan pensiunan lainnya.

Bumbu ceritanya adalah saat Undang-Undang Pemberantasan Pelaku Korupsi berlaku. Siapapun yang mati diwajibkan memiliki Surat Keterangan Kematian yang Baik (SKKB). UU ini memang dibuat untuk menghukum para koruptor.

Siapapun yang pernah melakukan tindak korupsi tidak berhak mendapatkan SKKB, hingga tidak berhak untuk dikubur. Alih-alih, mayatnya akan dicincang dan dijadikan pupuk agar berguna. Konflik muncul saat salah satu pejabat besar terlanjur mati tanpa memiliki SKKB.

“Pensiunan 2049 merupakan kisah masa depan jika upaya pemberantasan korupsi menemui jalan buntu, kehidupan akan semakin haru dan lucu,” ujar Butet Kartaredjasa, salah satu pemeran di pementasan ini.

Butet juga mengatakan bahwa Gandrik membawakan lakon ini dengan gaya yang horor namun bisa membuat penonton terpingkal-pingkal.

Walau begitu, Djaduk berpesan bahwa perlu ditekankan bahwa Teater Gandrik bukan teater dagelan, jadi jangan mencari kelucuan. Mereka sendiri tidak berusaha untuk menjadi lucu, karena naskah lakonnya memang sudah lucu. Perlu diingat, kelucuan di sini dalam bentuk satir.

Pementasan ini juga dimeriahkan oleh nama-nama besar seperti Susilo Nugroho, Jujuk Prabowo, Rulyani Isfihana, Sepnu Heryanto, Gunawan Maryanto, Citra Pratiwi, Feri Ludiyanto, Jamiaut Tarwiyah, Nunung Deni, Kusen Ali, M. Yusuf, M. Arif, M. Ramdan, dan Akhmad Yusuf.

Tiket dapat di pesan dengan menghubungi 087838835758 dan 085299766510. Bisa juga didapatkan di Ars Management di Perum Bumi Cemerlang No.B5. Tegalrejo (pukul 13.00-18.00 WIB). Di hari pementasan, tiket dapat dibeli di TBY dari ukul 14.00-21 WIB.

Sumber : gudeg.net



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Taman Pintar Kota Yogyakarta CCTV Malioboro
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat70.96%
Cukup Bermanfaat11.48%
Kurang Bermanfaat3.47%
Tidak Bermanfaat6.5%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 104 Kemarin 715 Bulan Ini 8981 Tahun Ini 37575 Total Pengunjung 132277