Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Pemerintah Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 04 April 2019 30 Tahun Jumenengan Dalem
berita

JOGJA WELCOMES YOU - Puluhan warga yang terdiri dari beberapa unsur kemasyarakatan seperti paguyuban pelaku pariwisata alun-alun selatan, Paksikraton, juru parkir dan para pedagang melakukan kegiatan Reresik di Kawasan Alun-alaun Selatan (Alkid) Yogyakarta, Rabu (3/4).

Kegiatan reresik atau bersih-bersih ini dilakukan dalam rangka memperingati 30 tahun Jumenengan Dalem atau Naik Tahta Sri Sultan Hamengkubuwono X. Reresik ini meliputi pemotongan rumput, pemangkasan pohon beringin serta pembersihan sejumlah alat bermain anak disekitar alun-alun selatan.

“Tujuannya agar para warga dapat salinng menjaga kebersihan sekitar lingkungannya dan meningkkatkan rasa kebersamaan dan rasa saling memiliki akan alun-alun selatan ini,” ujar Wakil Walikota Hero Poerwadi.

Kegiatan ini juga sebagai rasa mendukung kami akan keberadaan Keraton Yogyakarta, serta rasa turut bahagia akan Jumenengan Dalem Sri Sultan HB X yang ke 30 tahun. Dengan bersama-sama melakukan reresik ini harapannya para wisatatawanpun dapat merasa senang dan nyaman bila datang karena alun-alaun selatan, tambah Wawali.

Kegiatan yang didukung penuh oleh Pemerintah Kota Yogyakarta, TNI dan Polri ini rencananya akan dilanjutkan pada Minggu (7/4) disekitar kampung yang berada di lingkungan Keraton.

“Kita akan lanjutkan kegiatan reresik ini besok Minggu (7/4) di sejumlah kampung yang berada di Jeron Beteng,” ungkap orang nomer dua di Pemerintahan Kota Yogyakarta ini.

Disaat yang sama Camat Keraton Yogyakarta Sungkawa Widodo Mujiyatna mengatakan, kegiatan reresik ini sebenranya sudah menjadi agenda rutin para pelaku wisata alun-alaun selatan.

“Seluruh para pelaku wisata alun-alun selatan yang terdiri dari pedagang, odong-odong serta tukang parkir memiliki kesepatan untuk melakukan bersih-bersih setiap minggu kedua dan keempat,” kata dia.

Pihak Keraton Yogyakarta yang diwakili oleh Putri Sri Sultan HB X GKR Bendoro mengapresiasi kegitan yang dilakukan oleh seluruh elemen warga Kota Yogyakarta ini.

“Dengan kegiatan ini sangat membantu kami karena lingkungan Keraton sangat luas jadi tidak mungkin Keraton sanggup membersihka secara keseluruhan,” ucap GKR Bendoro.

Keraton berharap, kegiatan reresik ini seluruh masyarakat yang memanfaatkan area alun-alun selatan ini dapat saling menjaga kebersihan dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

“Alun-alun Selatan merupakan salahsatu wilayah wisata jadi marilah kita sama-sama menjaganya agar para wisatawan merasa nyaman disini,” ajak GKR Bendoro saat diwawancara.

Sumber : gudeg.net



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Taman Pintar Kota Yogyakarta CCTV Malioboro
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat71.47%
Cukup Bermanfaat11.23%
Kurang Bermanfaat3.68%
Tidak Bermanfaat6.06%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 466 Kemarin 551 Bulan Ini 12355 Tahun Ini 69128 Total Pengunjung 163830