Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Pemerintah Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 01 April 2019 Earth Hour 2019
berita

JOGJA WELCOMES YOU - Tepat pukul 20.30 hingga 21.30 WIB lampu sekitar Monumen Serangan Umum 1 Maret dimatikan secara serentak dan mengikuti Bank Indonesia, Kantor Pos Besar serta Gedung Bank Nasional Indonesia (BNI).

Itu dilakukan pada saat ratusan oarang warga Yogyakarta melakukan acara Swicth Off (matikan lampu) memperingati Earth Hour 2019 di Titik Nol Yogyakarta, Sabtu (30/3) malam.

Warga duduk bersama melingkari sejumlah lampu minyak kecil yang telah disiapkan oleh panitia bertuliskan 60+ untuk peringatan Earth Hour.

Ketua Panitia Komunitas Earth Hour Jogja Ali Zaenal mengatakan kegiatan ini dilakukan atas kekhawatiran mereka akan semakin borosnya energi yang digunakan manusia karena kebutuhannya.

“Kami mengajak seluruh masyarakat  untuk mematikan lampu sealam satu jam untuk kembali menyadari betapa pentingnya hemat energi dan lebih peduli pada lingkungan,” ujarnya.

Selain mematikan lampu warga juga dapat mencabut semua stopkontak pada sumber-sumber listrik mereka. Kita biarkan selama satu jam semua yang berhubungan dengan listrik beristirahat agar bumi juga dapat beristirahat sejenak, tambahnya.

Peringatan Earth Hour 2019 tidak hanya dilakukan di seputaran Titik Nol Yogyakarta, akan tetapi terdapat sekitar 60 titik turut melangsungkannya. Seperti Tugu Pal Putih Yogyakarta, Candi Prambanan, Bandara Adisucipto, dan sejumlah Hotel Bintang Lima di Yogyakarta.

Untuk mendukung acara Earth Hour 2019 di Kawasan Titik Nol ini, warga dihibur oleh sejumlah komunitas seni diantaranya Ngopinyastro, Kopibasi, Keroncong VOC, dan Teater Misbah.

“Mereka memang para komunitas yang juga perduli akan keberlangsungan bumi kita, jadi mereka membawakan penampilan yang bersentuhan dengan tema Bumi,” jelas Ali

Pada tahun ini peringatan Earth Hour 2019 Yogyakarta mengangkat tema Gotong Royong Ruwat Bumi. Yang bertujuan agar seluruh masyarakat bumi dapat bersama-sama untuk mencitani bumi dan lingkungan.

“Kami berharap dengan peringatan Earth Hour ini dapat berdampak pada penghematan energi yang terpakai di Yogyakarta, karena dengan menghemat energi kita sama saja menjaga dan mencintai bumi kita ini,” harap Ali Zaenal.

Sumber : gudeg.net



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Taman Pintar Kota Yogyakarta CCTV Malioboro
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat71.47%
Cukup Bermanfaat11.23%
Kurang Bermanfaat3.68%
Tidak Bermanfaat6.06%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 453 Kemarin 551 Bulan Ini 12342 Tahun Ini 69115 Total Pengunjung 163817