Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 21 February 2019 Istana Air Tamansari Yogyakarta
berita

JOGJA WELCOMES YOU - Tentang Istana Air Tamansari Yogyakarta

Pada mulanya Tamansari adalah taman air yang indah dan menawan yang kadang disebut juga sebagai Segaran (dalam bahasa Jawa berarti laut buatan). Konon taman yang dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1757 ini merupakan hasil karya bergaya arsitektur baru yang merupakan campuran gaya Jawa dan Portugis.

Dahulu kala, setiap kali Sultan mengunjungi taman tersebut, beliau akan mendayung perahu pribadinya melewati jembatan gantung yang disebut Kreteg Gantung yang terletak di depan gerbang Kraton, ke arah selatan atau utara Kemandungan. Bagian lain dari bangunan yang dulu terhubung dengan jembatan gantung masih dapat dilihat.

Pada bagian dalam taman ini selain terdapat transportasi air terdapat juga jalan bawah tanah atau terowongan dariKraton Yogyakarta yang menuju salah satu bangunan di taman yang disebut Pasarean Ledoksari, yakni tempat peraduan dan tempat pribadi Sultan. Juga terdapat Sumur Gumuling, yaitu bangunan bertingkat dua dengan lantai bagian bawahnya terletak di bawah tanah.

Di masa lampau, bangunan ini merupakan semacam surau tempat Sultan melakukan Sholat yang dapat dicapai melalui salah satu lorong bawah tanah yang ada di kompleks taman. Selain itu, masih banyak terdapat lorong bawah tanah, yang dulunya dipakai sebagai jalan penyelamatan bilamana sewaktu-waktu kompleks ini mendapat serangan musuh.

Di salah satu bagian ada bagian yang disebut Pulau Kenanga karena di halaman depan gedung tumbuh pohon Kenanga (Canangium Odoratum). Bunga Kenanga menyebarkan bau yang harum ke seluruh bagian taman.

Jam Buka

Buka setiap hari

  • Pukul 09.00 - 15.30 WIB

Harga Tiket Masuk

  • Domestik         : Rp 3.000,00
  • Mancanegara  : Rp 6.000,00

Fasilitas

  • Tempat parkir
  • Pemandu wisata berlisensi

Cara Menuju Lokasi

  • Dari Alun-alun Utara ke arah barat menuju ke Pasar Ngasem. Dari pertigaan Pasar Ngasem belok ke kiri (arah timur) kemudian belok ke kanan. Ikuti jalan tersebut sekitar 100 meter setelah itu di kanan jalan terdapat bangunan tembok putih di sepanjang jalan. Istana Air Tamansari ada di dalamnya, temukan papan nama di pinggir jalan dan ikuti petunjuknya

Sumber : gudeg.net



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Official Youtube Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Instagram Resmi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yk TV CCTV Pemerintah Kota Yogyakarta
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat78.21%
Cukup Bermanfaat12.09%
Kurang Bermanfaat3.2%
Tidak Bermanfaat6.5%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 173 Kemarin 2172 Bulan Ini 32787 Tahun Ini 339024 Total Pengunjung 1095105