Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Pemerintah Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 21 November 2018 Grebeg Maulud di Pura Pakualaman Yogyakarta
berita

Jogja Welcomes You - Grebeg  Mulud Pakualaman merupakan tradisi menyambut dan merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW (Maulud Nabi) oleh Puro Pakualaman Yogyakarta. Grebeg dalam tradisi jawa, yaitu Grebeg Mulud yang diselenggarakan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW sekaligus sebagai ungkapan syukur Raja terhadap rakyatnya. Prosesi Grebeg Maulud dimulai dari tempat meletakkan gunungan di Keben Kraton Yogyakarta. Pada jadwal yang telah ditentukan seluruh gunungan yang ada dibawa melewati Siti Hinggil dan Pagelaran. Proses kirab membawa gunungan ini diiringi oleh beberapa barisan prajurit. 

Gunungan tersebut langsung dibawa masuk ke dalam kompleks Puro Pakualaman untuk diserahterimakan kepada Sri Paduka Pakualam selaku pemimpin Puro Pakualaman. Proses serahterima berlangsung secara singkat dan dilanjutkan dengan doa bersama oleh seluruh orang yang hadir di Pendopo Puro Pakualaman. Setelah didoakan, para kerabat Puro Pakualaman melakukan simbolisasi dengan mengambil beberapa bagian gunungan sebelum dibawa menuju ke Lapangan Sewandanan untuk dibagikan kepada masyarakat. Baik tua-muda, pria maupun wanita semua berebut mendapatkan hasil bumi dari gunungan grebeg yang konon dapat membawa berkah.

Gunungan yang dirayah/dibagikan oleh warga tersebut merupakan satu dari tujuh gunungan yang berasal dari Keraton Yogyakarta. Tiga diantaranya diperebutkan di halaman Masjid Gede Kauman. Kemudian Tiga berikutnya diperebutkan warga dan pegawai aparatur negara di Kepatihan, kompleks kantor Gubernur DIY.

Berita Wisata Event

Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Taman Pintar Kota Yogyakarta CCTV Malioboro
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat69.53%
Cukup Bermanfaat11.4%
Kurang Bermanfaat3.84%
Tidak Bermanfaat7.17%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 107 Kemarin 210 Bulan Ini 4918 Tahun Ini 71476 Total Pengunjung 90857