Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Pemerintah Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 01 November 2018 KUNJUNGAN TEST TOUR DI TARU MARTANI
berita

Jogja Welcomes You - Dinas Pariwisata mengajak beberapa perwakilan stakeholder pariwisata pada salah satu kegiatan Bidang Promosi dan Pengembangan Pariwisata yaitu Test Tour.

kegiatan Test Tour dilaksanakan senin-kamis, tanggal 18-20 Oktober 2018. Test Tour dimulai dari hari Kamis mengunjungi Pabrik Pembuatan Rokok sejak tahun 1918 yaitu Taru Martani.

Tarumartani adalah sebuah perusahaan dagang milik pemerintah daerah sang pembuat cerutu tersebut. Pabrik ini semula didirikan oleh seorang pendudukan berkewarganegaraan Belanda pada tahun 1918 di tepi jalan Magelang dan bernama N.V. Negresco.

Negresco pada awalnya dimaksudkan untuk menyediakan bagi para prajurit Belanda dan pejabat tinggi di Yogyakarta setelah kurangnya cerutu akibat Perang Dunia I. Tapi kemudian, perusahaan melihat bahwa orang-orang Jawa juga tertarik untuk merokok, dengan demikian, mereka memutuskan untuk menjual cerutu di sekitar Hindia Belanda juga.

pada masa pendudukan Jepang di Jogjakarta, pabrik ini diganti nama menjadi Java Tobacco Kojo dan lokasinya dipindahkan ke lokasi Jln. Kompol B. Supratman, Yogyakarta. Selanjutnya pada 23 September 1972 nama Taru Martani diresmikan oleh Menteri Ekuin yang kala itu dijabat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Sebagaimana orang Jawa selalu mengutamakan makana disetiap penyematan nama, nama Taru Martani memiliki arti daun kehidupan. Taru (daun) dan martani (kehidupan). 

Sejak 1918, Taru Martani senantiasa menciptakan formulasi campuran tembakau cerutu yang bercita rasa tinggi guna memenuhi keinginan dari para pecinta cerutu sejati. Taru Martani memproduksi 14 jenis cerutu yang telah masyhur di seluruh dunia yaitu, Cigarillos/Treasure, Extra Cigarillos, Senoritas, Panatella, Slim Panatella, Half Corona, Corona, Super Corona/Grand Corona, Boheme, Perfecto, Royal. Rothschild, dan Churchill. Taru Martani saat ini memproduksi 3 formulasi campuran cerutu yaitu : Natural Cigar (murni tembakau), Flavour Cigar (tembakau dengan saus/aroma Mint, Amareto, Vanilla, Rum dan Hazelnut) dan Mild Cigar (tembakau “ringan’). Untuk bahan baku, Taru Martani mendatangkan tembakau dari daerah Besuki, Jember, Jawa Timur. 

 

Berita Wisata

Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Taman Pintar Kota Yogyakarta CCTV Malioboro
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat69.3%
Cukup Bermanfaat11.46%
Kurang Bermanfaat3.95%
Tidak Bermanfaat7.11%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 211 Kemarin 250 Bulan Ini 4453 Tahun Ini 63808 Total Pengunjung 83189