Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Pariwisata Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 28 Agustus 2017 KANGEN JOGJA Kecamatan Mergangsan Menggelar Pesta Kemerdekaan
berita

Dua pasang penari edan-edanan berlenggak-lenggok di atas panggung, diiringi alunan musik berlirik bahasa jawa membuka pertunjukan. Disusul kemudian, kolaborasi alat musik modern dan gamelan tradisional berpadu membawakan lagu daerah, lagu wajib perjuangan dan tidak ketinggalan lagu dangdut kekinian, memanjakan mata dan telinga pengunjung. Seorang wisatawan dari Bali dengan antusias naik ke atas panggung untuk turut serta bernyanyi. Giliran berikutnya, keluarga Punakawan naik ke atas panggung pentas dengan membawa materi dagelannya. Bersamaan dengan pertunjukan tersebut, beberapa penari yang tadi tampil, dengan ramah menyapa pengunjung, memenuhi ajakan berfoto selfie, sembari menawarkan jajanan gratis berupa sate khas Jogja, untuk dinikmati sambil menonton rangkaian atraksi yang dipertunjukkan.  Itulah beberapa pertunjukan pembuka pentas atraksi Kangen Jogja bertema Pesta Kemerdekaan, yang digelar Kecamatan Mergangsan pada 26 Agustus 2017 malam, di pelataran Monumen Serangan Oemoem Satu Maret, titik nol Yogyakarta.

Kangen Jogja adalah sebuah pentas atraksi kesenian, yang merupakan pengembangan dari "Klangenan Jogja" yang rutin digelar pada tahun-tahun sebelumnya oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Pengembangan ini bertujuan  untuk meningkatkan format dan kualitas acara. Kesenian ditampilkan dalam format kolaborasi yang menyuguhkan unsur drama, musik dan tari. Selain kesenian, di dalam acara tersebut juga ditampilkan unsur  lain seperti sajian kuliner khas dari tiap kecamatan di Kota Yogyakarta. 

Pentas Kangen Jogja digelar rutin pada hari Sabtu pekan ketiga atau keempat setiap bulan. Pada bulan April 2017 ditampilkan atraksi dari Kecamatan Gedongtengen. Kecamatan Ngampilan tampil pada bulan Mei, Pakualaman pada bulan Juni, Umbulharjo pada bulan Juli, Mergangsan pada bulan Agustus, Kotagede pada bulan September, Tegalrejo pada bulan Oktober dan Wirobrajan pada bulan November. 

Empat kecamatan yang belum memiliki kesempatan tampil pada tahun 2017, yaitu Jetis, Danurejan, Gondokusuman dan Kraton akan berkesempatan tampil pada tahun 2018.

Pentas Kangen Jogja diharapkan dapat menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan, meningkatkan lama tinggal wisatawan di Yogyakarta dan menjadi obat kangen bagi wisatawan yang dulu pernah merasakan tinggal di Yogyakarta.



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Taman Pintar Kota Yogyakarta CCTV Malioboro
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat46.53%
Cukup Bermanfaat8.91%
Kurang Bermanfaat9.9%
Tidak Bermanfaat26.73%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 22 Kemarin 80 Bulan Ini 1324 Tahun Ini 18027 Total Pengunjung 18027