Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Pemerintah Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 03 Mei 2018 Kampung Wisata Tamansari
berita

Kampung wisata Tamansari secara kewilayahan berada di kelurahan Patehan Kecamatahn Kraton. Secara toponim nama tamansari konon berasal dari nama Pesanggrahan tamansari. Kampung wisata Tamansasri sangat strategis karena lokasinya berada di kawasan Obyek Wisata Tamansari ( Water Castle ) dan berada dalam kawasan besar Kraton Kasultanan Yogyakarta, oleh karena itu kampung wisata tamansari keberadaanya memang memiliki fungsi sebagai penyangga kawasan Obyek Wisata Tamansari dan Kraton Yogyakarta.

Kampung Tamansari sesuai data dan informasi yang bersumber baik dari pihak kraton maupun balai pelestarian bangunan dan cagar budaya konon merupakan danau yang cukup luas (segara anakan) yang dilengkapi dengan parit (sungaio buatan) dari Tamansari menuju ke bangunan pusat kraton melalui segaran. Tamansari sejatinya sebuah pesanggrahan yang konon dibangun 1758 M yang ditandai dengan candra sengkala catur naga rasa tunggal. Pada waktu itu pembangunannya dipimpin langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I dan sebagai penanggung jawab pelaksanaanyadipercayakan kepada Bupati Madiun Raden Rangga Prawirasentika, sedangkan konstruksinya oleh Bupati Kyai Tumenggung Mangoendipoero.

Pesanggrahan Tamansari sejak awal dibangun untuk keperluan pertahanan dalam arti secara phisik namun secara filosofi pesanggrahan Tamansari ada dua nilai yang ingin digambarkan yaitu proses pencarian kesenangan duniawi yang disimbolkan adanya taman dan kolam yang indah namun disisi lain ada bangunan utama yang disebut sumur gemuling dan adanya Mighrab (tempat imam) yang biasa digunakan untuk memimpin sholat, jadi sumur gemuling yang menjadi bagian dari tamansari adalah ujian bagi seseorang terkait antara kesenangan duniawi dengan aturan aturan Illahi, semua gambaran itu ada didalam pesanggrahan Tamansari maupun pesanggrahan lain.

Kampung wisata Tamansari berbasis pada potensi Budaya dan Heritage dan disuport dengan atraksi kerajinan batik pranting dan lukis batik serta adanya daya traik yang unik yaitu daanya wilayah yang disebut sebagai kampung cyber, dimana dalam satu wilayah RT warganya terkoneksi dengan jaringan internet sehingga pertemuan warga dapat dilakukan secara online.

Dalam satu sisi lain kampung wisata Tamansari terdukung adanya gerakan yang dilakukan oleh warga dalam atta kelola lingkungan yang asri dan green and clean dengan melakukan pembuatan taman disudut sudut kampung serta menanam berbagai tanaman langka. Kampung wisata Tamansari menjadi semakin menarik untuk dikunjungi karena disana terdapat sebuah inetgral antara seni budaya, heritage, dan lingkungan serta tehnologi informasi.

Adapun kreatifitas warga Tamansari tidak berhenti hanya disitu namun kini banyak warga yang bmenjadikan halaman dan rumahnya tempat rset area dan tempat minum kopi sambil menikmati suasana kampung dan rutinitas sosial masyarakat sehari hari sehingga menimbulkan seasana unik dan spesifik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Tamansari.

Untuk meningkatkan atraksi daya tarik wisata, kampung wisata Tamansari menggelar kalender event tahunan dalam bentuk Festival Tamansari yang dilaksanakan di plaza halaman depan obyek tamansari. Berbagai atraksi budaya digelar muali dari siang sampai malam hari. Kegiatan festival tamansari dimulai dengan kenduri atau bancakan kemudian dilanjutkan kirab budaya dan malamnya menampilkan gelaran pentas seni dengan menampilkan kesenian rakyat antara lain, semni tari klasik, musimkeroncong, gejog lesung, sll. Kalender event tahunan tersebut sekaliogus menjadi ajang kreatifitas dan pem,belajaran tata kelola penyelenggraan kampung wisata bagi generasi muda yang tergabuhng dalam wadah “bala muda taman” sekaligus wadah untuk proses regenerasi dan sekaligus sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat khususnya generasi muda di kampung Tamansari.

Itinerary Paket Dasar :

1. jam : 08.30 – 09.00 : Seremonial Wellcome

2. jam : 09.00 – 10.00 : Blusukan Interaksi sosial

3. jam : 10.00 – 11.00 : Workshop belajar batik atau lukis batik

4. jam : 11.00 – 12.30 : Napak tilas situs Pesanggrahan Tamansari

5. jam : 12.30 – 13.30 : Makan siang

Keterangan :

Reservasi satu hari sebelumnya

Contact Person : Ibnu Titianto - 0817265343



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Taman Pintar Kota Yogyakarta CCTV Malioboro
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat70.37%
Cukup Bermanfaat10.31%
Kurang Bermanfaat3.38%
Tidak Bermanfaat7.57%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 139 Kemarin 56 Bulan Ini 3308 Tahun Ini 20925 Total Pengunjung 40306