Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Pemerintah Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 18 Mei 2018 Kampung Wisata Sayidan
berita

Kampung Wisata Sayidan secara kewilayahan berada di Kelurahan Pawirodirjan Kecamatan Gondomanan dan berdekatan dengan Obyek Wisata Taman Pintar. Nama Sayidan konon berasal dari fenomena adanya warga keturunan Arab (sayid) yang banyak bermukim dikawasan tersebut. Karena semakin banyak yang bermukim dikawasan tersebut maka kawasan tersebut kemudian dikenal dan sering disebut Kampung Arab. Dikalangan masyarakat sebutan bagi warga Arab dan keturunan Arab disebut “Sayid”. Dalam perjalanan waktu entah kapan persisnya akhirnya wilayah tersebut dikenal sebagai Sayidan, yang berasal dari kata “Sayid” sebutan bagi warga arab yang banyak terdapat di wilayah itu.

Kampung Wisata Sayidan ini keberadaannya berada disepanjang bantaran sungai code bagian tengah. Oleh karena itu atraksi dan daya tarik yang dikembangkan diantaranya juga berbasis air (sungai code) yaitu peraon dengan menggunakan perahu karet serta ban truk. Disisi lain juga dikembangkan potensi kerajinan , kuliner , dan interaksi sosial keagamaan islam khususnya. Melalui event Ramadhan di Sayidan yang menggelar secara rutin setiap tahunnya. Lingkungan pemukiman penduduk di kampung wisata ini sangat unik dan terasa khas karena lokasinya berada dibantaran sungai sehingga menarik dan akan memberi pengalaman tersendiri ketika melakukan blusukan sambil berinteraksi dengan masyarakat. Mengingat di Kampung Wisata Sayidan juga terdapat kegiatan sehari-hari masyarakat terkait dengan kegiatan usaha dibidang ekonomi, misalnya membuat brondong, membuat aneka kerajinan kayu, bambu, dll.

Karena uniknya lingkungan Sayidan akhirnya oleh salah seorang warga yang memiliki kemampuan penciptaan lagu dan bermain musik akhirnya diciptakan sebuah lagu tentang Sayidan dan sekaligus dijadikan judul lagu dan dijadikan album oleh grub musik Syagidog, band yang terlahir di Kampung Sayidan. Bahkan karena keunikan tata lingkungan yang ada yaitu perpaduan pemukiman bantaran sungai dan pemukiman warga Tiong Hoa maka di kampung ini tidak jarang dijadikan lokasi shoting film nasional. Mengingat di Sayidan juga terdapat bangunan Cagar Budaya tempat ibadah warga Tiong Hoa yaitu Klenteng Gondomanan akhirnya semakin menarik perhatian bagi para prosedur film untuk melakukan shoting di Kampung Wisata Sayidan.

Itinerary Paket Dasar :

1. jam : 08.30 – 09.00 : Seremonial Welcome

2. jam : 09.00 – 10.00 : River Walk Code on Sayidan

3. jam : 10.00 – 11.00 : Blusukan Interaksi Sosial

4. jam : 11.00 – 12.30 : Workshop Kerajinan dan Kuliner

5. jam : 12.30 – 13.30 : Makan Siang dan Menikmati Musik Keroncong

Keterangan :

Reservasi satu hari sebelumnya

Contact Person : Surahman – 088216765318



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Taman Pintar Kota Yogyakarta CCTV Malioboro
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat70.37%
Cukup Bermanfaat10.31%
Kurang Bermanfaat3.38%
Tidak Bermanfaat7.57%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 130 Kemarin 56 Bulan Ini 3299 Tahun Ini 20916 Total Pengunjung 40297