Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Pemerintah Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 03 Mei 2018 Kampung Wisata Prenggan
berita

Kampung wisata Prenggan secara kewilayahan berada di wilayah Kelurahan Prenggan Kecamatan Kota Gede. Nama kampung Prenggan menurut cerita versi masyarakat setempat konon diambil dari nama seorang pangeran  dan sekaligus putra Panembahan Senopati yang bernama Pangeran Pringgalaya sehingga wilayah tersebut kemudian dinamakan Prenggan. Namun ada versi cerita lain yang berkembang dimasyarakat bahwa pangeran Prenggan konon diambil dari sebuah pemahaman lain yaitu “direngga-rengga” yang artinya dibuat bagus, karena dahulu wilayah itu banyak bermukim para ahli menghias kraton ( ahli dekorasi ) apabila kraton ada perhelatan.

Kampung wisata Prenggan potensinya tidak jauh berdeba dengan kampung wisata Purbayan sehingga dalam pengembangannya kampung wisata Prenggan juga mengandalkan potensi situs cagar budaya dan sejarah serta kuliner tradisional yang khas di Kotagede. Namun kampung wisata Prenggan disis lain juga memiliki pitensi adanya kawasan kuliner di lapangan Karang yang terkenal dengan menu Sate Klathaknya.

Selain banyaknya potensi situs bangunan cagar budaya di kampung wisata Prenggan juga tersedia beberapa kerajinan sepertihanlnya kerajinan perak dan batik. Adapun potensi di bidang seni tradisional yang ada di kampung wisata Prenggan antara lain kelompok musik Gejog lesung, jathilan dan karawitan. Sedangkan kuliner tradisional khas yang dimiliki dan dibuat oleh masyarakat setempat yaitu kipo.

Guna penguatan atraksi daya traik kampung wisata tahunan yang diformat dalam “ Festival Kipo “. Melalui gelaran Festival Kipo yang dimeriahkan dengan kirab budaya yang berakhir dilapangan Karang dan dilanjutkan gelar pentas seni pada malam harinya diharapkan semakin menumbuhkan minat bagi wistawan untuk berkunjung ke kampung wisata Prenggan.

Itinerary Paket Dasa :

1. jam : 09.00 – 09.30        : Seremonial Wellcome Dance

2. jam : 09.30 – 10.30        : Blusukan Interaksi sosial Heritage Education

3. jam : 10.30 – 11.30        : Workshop belajar membatik

4. jam : 11.30 – 12.30        : Workshop belajar membuat kerajinan perak

5. jam : 12.30 – 13.30        : Workshop kuliner (pembuatan kipo)

6. jam : 13.30                       : Makan siang

 

Keterangan :

Reservasi satu hari sebelumnya

Contac Person : Ir. Suryantoro – 081578872258

                                Ibu. Wiwik Ngesti – 08282812314



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Taman Pintar Kota Yogyakarta CCTV Malioboro
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat70.37%
Cukup Bermanfaat10.31%
Kurang Bermanfaat3.38%
Tidak Bermanfaat7.57%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 134 Kemarin 56 Bulan Ini 3303 Tahun Ini 20920 Total Pengunjung 40301