Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Pemerintah Kota Yogyakarta
Selamat Datang di Website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta
admin, 07 Mei 2018 Kampung Wisata Pakualaman
berita

Kampung Wisata Pakualaman merupakan penyangga kawasan obyek wisata Kraton Kadipaten Pakualaman dan Museum TNI jalan Jendral Sudirman. Secara kewilayahan Kampung Wisata Pakualaman sebagian berada di wilayah Gunungketur dan sebagian diwilayah Kelurahan Purwokinanti Kecamatan Pakualaman. Terkait dengan keberadaan wilayah Pakualaman tidak bisa lepas dari keberadaan Istana Kadipaten Puro Pakualaman dan Pangeran Natakusumo (Putra Sultan Hamengkubuwono I) yang kemudian di tahtakan menjadi Pakualam I. Ada hal yang menarik terkait dengan arah Istana Kasultanan Yogyakarta yang secara keseluruhan berporos utara selatan dan mempunyai arah menghadap ke timur-barat. Sebagai pusat Pemerintahan Istana Puro Pakualaman juga dilengkapi dengan Alun-alun (Sewandanan) Masjid, Pasar serta kawasan pemukiman penduduk dan abdi dalem untuk para petinggi istana.

Kampung wisata ini juga memiliki potensi daya tarik pendukung lengkap mulai dari seni Karawitan, Jemparingan (panahan tradisional),  Kerajinan Batik tulis motif khas Puro Pakualaman, Kerajinan berbahan dasar bambu, kuningan, kayu dll juga tersedia di Kampung Wisata Pakualaman. Sedangkan dibidang kuliner tradisional tersedia jamu tradisional “Jamu Ginggang” kemudian juga ada enting-enting, Gudeg Permata serta adanya kawasan pusat jajanan dan kuliner Sewandanan yang juga menyediakan kuliner khas es krim rujak. Dibidang sarana akomodasi juga tersedia Homestay, Pondok Wisata maupun Hotel. Selain potensi terssebut Kampug Wisata Pakualaman bekerjasama dengan pihak Puro Pakualaman juga memberikan kesempatan kepada pengunjung Kampung Wisata untuk menikmati dan menyaksikan koleksi museum Istana Puro Pakualaman khususnya koleksi Kereta Kencana dan barang-barang koleksi lainnya.

Disisi lain juga terdapat atraksi budaya yang sangat menarik yaitu gelar profesi pergantian tugas jaga Kraton Kadipaten Pakualaman yang digelar setiap selapan hari atau setiap 35 hari sekali. Dalam gelaran upacaraa ganti jaga juga dimeriahkan dengan gelaran kesenian rakyat seperti Jathilan maupun atraksi lainnya. Agenda gelar budaya adat dan tradisi yang diselenggarakan setiaap tahun yaiitu Grebeg Kampung.

Itinerary Paket Dasar :

1. jam : 08.30 – 09.00 : Wellcome Drink

2. jam : 09.00 – 10.30 : Kunjungan ke Museum Puro Pakualaman

3. jam : 10.30 – 11.30 : Workshop Jeemparingan

4. jam : 11.30 – 12.30 : Workshop Seni Karawitan (optional) Tari Klasik

5. jam : 12.30 – 13.30 : Makan siang

Keterangan :

Reservasi satu hari sebelumnya

Contact Person Arif Hidayat – 08562859408



Tinggalkan Komentar


Daftar Komentar

Search
Tautan
Jogjakota DisparDIY Taman Pintar Kota Yogyakarta CCTV Malioboro
Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat70.37%
Cukup Bermanfaat10.31%
Kurang Bermanfaat3.38%
Tidak Bermanfaat7.57%
Statistik Pengunjung
Hari Ini 140 Kemarin 56 Bulan Ini 3309 Tahun Ini 20926 Total Pengunjung 40307